Selasa, 31 Januari 2017

Sejarah Kanjeng Jimat Di Pacitan

Kanjeng Jimat Dikenal sebagai Penyebar Islam di Pacitan

PacitanTribunNews - Makam Kanjeng Jimat berada di Desa Tanjungsari, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Tepatnya berada di sebuah pemakaman bernama Giri Sampoerno. Kanjeng Jimat dikenal sebagai tumenggung, penjuang, dan penyebar agama Islam di Pacitan.
Pemakaman Giri Sampoerno sangat mudah dijangkau dan sangat dekat dengan pusat kota, hanya sekira 2 - 3 kilometer dari pusat kota. Puluhan anak tangga yang semakin menanjak mengantar hingga sampai ke pemakaman. Rimbunnya pepohonan di sekitar pemakaman tak lantas membuat pemakaman itu terlihat kotor. Bahkan sebaliknya, pemakaman tersebut sangat terawat rapi dan bersih.
Di pintu masuk makam Kanjeng Jimat, terdapat pintu ukir sangat menarik dan indah. Di dalam rumah makamnya terdapat makam Kanjeng Jiman beserta istri yang berdampingan. Lalu di sebalh kanan dan kirinya terdapat makam putra dan putri dari Kanjeng Jimat, lalu ada makam para kerabat Kanjeng Jimat yang tidak disebutkan namanya.

(Pemakaman Giri Sampoerno. Foto MerahPutih/Latifah Mutiara Sari)
“Makam Kanjeng Jimat yang besar di tengah sebelah kiri itu, lalu sebelah kanannya istri. Dan makam lebih kecil yang berada di kanan-kirinya itu adalah putra dan putri beliau, lalu di bawahnya ini ada beberapa makam kerabat Kanjeng Jimat tapi tidak disebutkan namanya masing-masing,” jelas Agus selaku juru kunci makam Kanjeng Jimat.
Mengutip situs resmi pemerintah Kabupaten Pacitan, Kanjeng Jimat merupakan bupati yang memimpin Pacitan antara tahun 1812-1826. Ki Kanjeng Jimat memiliki nama Joyoniman dengan gelar Djogokariyan I. (Sar)


SHARE THIS

Author:

0 komentar: