Rabu, 24 Juni 2015

5 Amazing of Pacitan

Pacitan adalah Kabupaten kecil di ujung barat-selatan Provinsi Jawa Timur. Tetapi walaupun Pacitan hanya kabupaten kecil yang dulunya juga terpencil, tempat kelahiran Presiden RI ke-6 ini ternyata banyak terdapat destinasi wisata alam yang sangat menakjubkan. Dan destinasi wisata alam yang menakjubkan itu ternyata mempunyai kontribusi yang besar  dalam mengubah Pacitan dari daerah yang dulunya terpencil, menjadi salah satu tujuan wisata unggulan Jawa Timur bahkan Indonesia.

Nah, berikut ini adalah 5 destinasi wisata alam yang menakjubkan di Pacitan yang dirangkum dalam 5 Amazing of Pacitan. Destinasi wisata alam ini dipilih berdasarkan keindahan, keunikan, maupun dimensinya yang mengagumkan baik lingkup Pulau Jawa, lingkup Indonesia bahkan dunia.

1.  Gua Gong

Gua Gong terletak di Desa Bomo Kecamatan Punung. Gua Gong dimasukkan ke jajaran 5 Amazing of Pacitan karena merupakan gua terindah se-Asia Tenggara. Keindahan Gua Gong terletak pada bentuk stalagtit dan stalagmitnya serta ornamen gua lainnya yang bagaikan membentuk istana di dalam bumi. Apalagi stalagtit dan stalagmit gua gong merupakan stalagtit dan stalagmit hidup yang masih terus tumbuh. Selain ornamen guanya yang indah, gua gong yang berkedalaman sekitar 250 meter ini juga terdapat beberapa sendang (danau kecil) yang berair sangat jernih dan menyegarkan.

Gua Gong, gua terindah se-Asia Tenggara
Saat ini gua gong sudah diberi lampu lighting berwarna-warni untuk memberi penerangan bagi pengunjung yang masuk . Kawasan wisata Gua Gong pun sudah dibangun area khusus buat pedagang makanan-minuman maupun souvenir, toilet, dan parkir.  Untuk gua dengan keindahan kelas dunia, tarif masuk Gua Gong terhitung masih sangat murah.

Baca juga : Tarif Baru Obyek Wisata Pacitan,Berlaku Mulai 1 Juni 2015

Akses menuju Gua Gong terhitung sangat mudah dengan jalan yang lebar dan beraspal mulus. Dari jalur bus Pacitan-Solo cari pertigaan barat Masjid Besar Punung. Dari situ sudah ada petunjuk arah menuju Gua Gong yang berjarak sekitar 8 Km dari pertigaan tersebut.

Ulasan tentang Gua Gong, baca: Gua Gong Pacitan, Gaungnya Semakin Mendunia

2. Gua Luweng Jaran

Gua Luweng Jaran masuk ke jajaran 5 Amazing of Pacitan karena merupakan gua terpanjang se-Indonesia. Gua yang terletak di Desa Jlubang Kecamatan Pringkuku ini juga terdaftar dalam jajaran gua-gua terpanjang se-Dunia dengan panjang sekitar 25 Km.

Gua Luweng Jaran, gua terpanjang se-Indonesia
Pintu masuk Gua Luweng Jaran berupa celah sempit di aliran sungai sehingga berbahaya jika dimasuki pada saat musim penghujan. Pintu masuknya vertikal berupa luweng (sumuran) setinggi 12 meter. Masuk lorong datar sedikit kemudian turun lagi sedalam 30 meteran baru horizontal. Dibutuhkan teknik dan peralatan khusus untuk masuk goa ini sehingga goa ini tidak dibuka untuk umum.

Gua Luweng Jaran terletaak di Desa Jlubang Kecamata Pringkuku. Akses menuju Gua Luweng Jaran melewati jalan-jalan perkampungan sehingga bagi yang belum pernah kesana harus lebih banyak bertanya pada warga setempat. Panduannya jika dari jalur bus Pacitan-Solo sampai pertigaan Pringkuku atau bisa juga dari pertigaan barat pasar Ngadirejan, masuk jalan jurusan Jlubang. Ikuti jalan utama sampai bertemu pertigaan yang ada patung kuda. Ikuti jalan yang ada patung kudanya, nah mulai dari sini sering-seringlah bertanya pada penduduk lokal.

Ulasan tentang Luweng Jaran, baca: Luweng Jaran, GuaDi Pacitan Ini Terpanjang Se-Indonesia

3. Pantai Klayar

Pantai Klayar masuk jajaran 5 amazing of Pacitankarena keindahannya yang sudah terkenal baik Nasional maupun Internasional. Bahkan situs traveling tripadvisor memasukkan Pantai Klayar dalam 10 Pantai Indonesia pilihan traveler.( http://www.tripadvisor.com/TravelersChoice-Beaches-cTop-g294225).

Pantai Klayar, masuk jajaran 10 pantai terindah se-Indonesia
Daya tarik utama Pantai Klayar adalah pantainya yang berpasir putih dengan batu-batuan karang yang berpadu dengan batuan karts. Selain itu di Pantai Klayar juga terdapat Seruling Samudera (ocean flute) yang membuat ciri khas tersendiri. Seruling Samudera terbentuk dari ombak yang menerobos dari bawah celah-celah karang. Menyembur ke atas semacam air mancur diiringi suara mirip bunyi seruling.

Pantai klayar terletak di Desa Sendang Kecamatan Donorojo. Untuk rute menuju Pantai Klayar silahkan baca: Rute-Rute MenujuPantai Klayar Pacitan 

4. Gua Tabuhan

Gua Tabuhan terpilih masuk dalam jajaran 5 amazing of Pacitan karena merupakan gua terunik di dunia. Keunikannya yang tiada duanya di dunia ini terletak pada ornamennya yang ketika dipukul, bisa mengeluarkan bunyi-bunyian yang selaras dengan alat musik Jawa (gamelan). Hanya dengan tambahan kendang, maka ornamen Gua Tabuhan bisa disulap menjadi pagelaran musik tradisional. Apalagi jika ditambah lantunan nyanyian pesinden, menjadikan harmonisasi yang sangat mempesona. 

Gua Tabuhan, gua terunik se-dunia
Lokasi Gua Tabuhan masuk wilayah Dusun Tabuhan, Desa Wereng, Kecamatan Punung, sekitar 35 Km dari pusat kota Pacitan. Gua ini termasuk salah satu situs peninggalan prasejarah dan disinyalir pernah didiami manusia purba. Hasil penelitian membuktikan bahwa gua ini telah dihuni manusia purba sejak sekitar 50 ribu tahun yang lalu.


5. Gua Luweng Ombo

Gua Luweng Ombo masuk jajaran 5 Amazing of Pacitankarena merupakan gua vertikal terdalam se-pulau Jawa.  Titik terdalamnya sekitar 120 meter dan diameter lubang atas-nya sekitar 50 meter. Semakin ke bawah diameternya semakin melebar lagi mencapai di sekitar 170 meter. 

Gua Luweng Ombo, gua vertikal terdalam se-Jawa
Terbentuknya Luweng Ombo jika ditinjau dari Speleologi(ilmu yang mempelajari tentang gua), terjadi karena Collapse Sink, yaitu runtuhnya atap gua karena erosi pada dinding batu kapur akibat proses kimiawi. Teori ini bisa dibuktikan dengan adanya material runtuhan yang masih banyak dijumpai di dasar Luweng Ombo yang membentuk sebuah bukit kecil. Dari sini dapat disimpulkan bahwa Luweng Ombo awalnya bukanlah gua vertikal, melainkan sebuah gua horisontal atau sungai bawah tanah yang mengalami Collapse Sink. Hal ini diperkuat dengan adanya lorong-lorong horizontal yang salah satunya sudah dieksplorasi sepanjang lebih dari satu kilometer. Tetapi karena masuk guanya harus turun puluhan bahkan mencapai 120 meter di titik terdalam, Gua Luweng Ombo lebih dikenal sebagai gua vertikal.

Luweng Ombo sendiri masuk wilayah Desa Kalak, Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan. Untuk menuju luweng ombo akses paling mudah adalah dari ruas jalan Pacitan- Yogya. Jika dari arah Pacitan, sesampainya di pertigaan Bleruk (persimpangan jalan Pacitan-Solo dengan Pacitan –Yogya) belok kiri mengikuti jalur ke Yogya. Nanti ada pertigaan dengan penunjuk arah ke Kalak. Ikuti sesuai penunjuk arah tersebut  sampai ketemu gapura Desa kalak. Nah dari gapura ini sekitar 200 meter sampailah di lokasi Gua Luweng Ombo.



Nah, itulah 5 destinasi wisata alam di Pacitan yang sangat menakjubkan yang dirangkum dalam 5 Amazing of Pacitan. Dari kelimanya ada yang sudah dibuka menjadi obyek wisata yaitu Gua Gong, Gua Tabuhan, dan Pantai Klayar. Sedangkan Gua Luweng Ombo dan Gua Luweng Jaran merupakan obyek wisata minat khusus yang hanya bisa diakses dengan ketrampilan dan peralatan khusus. Lebih menakjubkan lagi dari 5 Amazing of Pacitan ini, kelimanya juga tercatat sebagai situs-situs Geopark Gunung Sewu yang merupakan situs alam warisan dunia.

Ayo berwisata di Pacitan saja, dan jangan lupa buanglah sampah pada tempatnya. (@rif)

SHARE THIS

Author:

0 komentar: