Rabu, 05 Agustus 2015

5 Pantai Pacitan Dengan Landmark Alam Paling Khas

Landmark atau jika secara bebas diterjemaahkan sebagai tanda alam, merupakan tanda-tanda khas yang ada di alam sehingga jika sesorang melihat tanda alam tersebut maka akan segera tahu dimana lokasi dari tanda alam tersebut. Landmark bisa terbentuk dari alam secara alami, maupun dari buatan manusia.


Biasanya jika berkunjung ke suatu lokasi tertentu, landmark akan dipakai sebagai background paling favorit untuk foto baik foto landscape maupun sekedar foto narsis. Suatu destinasi wisata akan dianggap punya daya tarik khusus jika mempunyai landmark yang khas dan unik. Berikut 5 pantai di Pacitan yang mempunyai landmark yang sangat khas yang menjadi salah satu daya tarik utamanya.

1. Pantai Klayar.
Tak perlu diragukan lagi kekhasan landmark Pantai Klayar, yaitu batu spinx yang berada di sisi timur pantai dekat area Seruling Samudera. Batuan karst yang mengalami proses pengikisan alami baik oleh angin, air hujan maupun ombak menjadikannya bentuk khas seperti yang terlihat sekarang ini. Pantai Klayar terletak di Desa Sendang Kecamatan Donorojo Pacitan.
Baca juga: Rute-Rute Menuju Pantai Klayar

Landmark khas Pantai Klayar
2. Pantai Buyutan
Pantai Buyutan mempunyai landmark yang sangat khas yaitu "Watu Narodho". Yaitu batu yang mirip mahkota Dewa Narada, yang berdiri menjulang di kawasan pantai. Konon menurut cerita mitos, batu tersebut berasal dari mahkota Dewa Narada yang terjatuh saat terbang di kawasan itu. Namanya saja mitos tentunya justru akan membuat suatu daerah menjadi menarik. Dari sisi ilmiah batu tersebut terbentuk karena peluruhan batuan karst akibat gempuran ombak yang telah berlangsung dalam waktu yang  sangat lama. Pantai Buyutan terletak di Desa Widoro Kecamatan Donorojo.
Baca juga: Pantai Buyutan Pacitan, Warisan Dunia Yang Semakin Berbenah

Watu Narodho, landmark khas Pantai Klayar.
3. Pantai Watukarung
Landmark khas Pantai Watukarung adalah adanya pulau karang yang sepintas mirip kepala seorang putri yang memakai mahkota dengan rambut yang terurai ke belakang. Posisi batu di sisi barat menghadap ke timur. Saat-saat tertentu jika dalam posisi yang pas, kita bisa mendampatkan gambaran sunset dengan foreground putri sedang menghadap matahari senja. Pantai Watukarung terletak di Desa Watukarung Kecamatan Pringkuku.
Baca juga: Pantai Watukarung, Pantai Yang Direkomendasikan Bagi Yang Suka Mandi Di Laut

Batu yang mirip kepala putri merupakan landmark khas Pantai watukarung.
4. Pantai Pidakan
Landmark khas Pantai Pidakan adalah batu yang dinamakan "Watu Kuncir". Batu yang sekilas mirip kepala orang tersebut terletak di sisi barat Pantai Pidakan. Bentuk batu karang yang mirip kepala dengan leher di bawah akibat kikisan ombak laut yang terus-menerus dalam waktu yang sangat lama. Pantai Pidakan terletak di Desa Jetak Kecamatan Tulakan.
Watu Kuncir, landmark khas Pantai Pidakan
5. Pantai Pangasan
Landmark khas Pantai Pangasan adalah batu yang menjulang tinggi yang dinamakan "Gunung Lanang". Batu ini sebenarnya merupakan tanjung kecil yang seolah dipahat alam sehingga dari timur nampak membentuk semacam lingga sehingga tak salah jika dinamakan Gunung Lanang. Pantai Pangasan terletak di Desa Kalipelus Kecamatan Kebonagung.
Selengkapnya tentang Pantai Pangasan, baca: Pantai Pangasan, Keindahan Tersembunyi Pantai Pacitan.

Gunung Lanang, landmark khas Pantai Pangasan.
Nah itulah 5 pantai di Pacitan yang mempunyai landmark paling khas. Jadi kalau berkunjung ke pantai-pantai di atas jangan lupa menyertakan landmark-nya sebagai salah satu obyek foto/video anda.

Ayo berlibur di Pacitan saja, jangan lupa buang sampah anda di tempat sampah yang telah disediakan, atau jika tidak ada tempat sampah, bawa kembali sampah anda. Jadilah traveler yang ramah lingkungan.
(@rif)

SHARE THIS

Author:

0 komentar: