Jumat, 10 April 2015

Pantai Babakan Tuguragung, Pantai Khusus Petualang

Pantai Babakan Tuguragung???
Mmmm...Banyak diantara kita yang warga Pacitan sendiri belum pernah mengunjunginya. Jangankan mengunjunginya, mendengar namanya saja kadang masih terasa asing di telinga. Padahal letak pantai ini tidak begitu jauh dari pusat Kota Pacitan.

Pantai Babakan Tuguragung
Satu alasan kenapa Pantai Babakan Tuguragung kurang begitu terkenal adalah karena letaknya yang tersembunyi serta aksesnya yang masih sulit dijangkau. Pantai ini terletak di Desa Dadapan Kecamatan Pringkuku. Lokasinya sendiri sebenarnya hanya sekitar 10 Km dari kota Pacitan, cuma aksesnya yang masih sulit sehingga hanya cocok bagi mereka yang berjiwa petualang.

Letak Pantai tersembunyi di bawah bukit, dan aksesnya hanya bisa dicapai dengan jalan kaki.
Untuk menuju Pantai Babakan Tuguragung, jika dari Pacitan Kota bisa dilakukan dengan mengikuti jalur bus Pacitan-Solo. Sesampainya di Monumen Tumpak Rinjing, di baratnya ada gapura, nah masuknya lewat gapura tersebut. Ikuti jalan perkampungan, sesampainya di perempatan belok kiri. Ikuti terus jalan yang sudah mulai rusak. Setelahnya ada beberapa pertigaan, jika ragu bisa bertanya pada penduduk setempat arah menuju lapangan tembak.

Menuju Pantai Babakan Tuguragung sebenarnya bisa ditempuh melalui 2 jalur. Yang pertama adalah jalur lapangan tembak yang merupakan kawasan latih tembak TNI. Lapangan tembak berupa padang rumput di atas punggungan bukit. Disana ada shelter yang didirikan untuk kepentingan latihan menembak. Dari lapangan tembak jika hendak menuju pantai Babakan Tugurangung bisa dengan jalan kaki melalui jalan setapak. Tetapi jalurnya tidak begitu jelas sehingga ada peluang salah jalan jika belum pernah kesini. Apalagi jalurnya juga terjal dan menembus semak belukar dan hutan-hutan pantai.

Kawasan pantai masih dikelilingi hutan
Ada satu jalur lagi yang sebenarnya terhitung lebih mudah. Dari lapangan tembak, kita balik saja menuju jalur pulang, cermati kanan jalan dan jika bertemu gang pertama belok kanan ikuti gang tersebut. Nantinya gang akan berakhir di halaman rumah penduduk. Kendaraan hanya sampai disini, parkir di halaman penduduk, jangan lupa minta izin sama yang punya rumah ya.

Dari sini selanjutnya perjalanan mengikuti jalan setapak. Awalnya agak landai menyusuri punggungan bukit. Di akhir punggungan sudah bisa kita saksikan bentang dari pantai Babakan Tuguragung. Selanjutnya jalan setapak menurun tajam sampai area ladang warga setempat. Disini jalan mulai agak datar. Keluar dari ladang kita sudah berhadapan dengan pantai, tetapi jalan kembali menurun curam sampai area pantai.

Pantai Babakan Tuguragung saat ombak surut
Kawasan Pantai Babakan Tugurangung membentang sekitar 400 meter. Ujung-ujungnya dibatasi tebing gunung kapur yang tinggi dan terjal. Area barat merupakan area yang berpasir yang dihiasi batu-batu karang besar dan kecil. Sedangkan bagian timur merupaka area yang didominasi batu-batu karang.

Area pantai banyak didominasi perpaduan pasir dan batu karang
Sedangkan dasar pantainya sendiri didominasi batu-batu karang dan koral sehingga airnya sangat jernih. Saat surut akan banyak kita jumpai kolam-kolam kecil dengan ikan-ikan hias dan biota laut lainnya. Saat surut biasanya penduduk setempat memanfaatkan pantai ini untuk mencari kerang.

Saat surut pantai ini bisa dimanfaatkan untuk mencari kerang
Saat ombak pasang, tak banyak lokasi yang bisa kita jelajahi, karena tepi pantai langsung berupa bukit yang terjal. Juga sulit dijumpai area yang datar di kawasan tepi untuk sekedar mendirikan tenda jika berencana nge-camp. Fasilitas yang tersedia di pantai ini hanyalah fasilitas yang disediakan oleh alam, sehingga pantai Babakan Tugurangung benar-benar masih sangat alami.

Fasilitas yang tersedia di pantai ini hanyalah fasilitas yang disediakan alam
Hanya saat-saat tertentu beberapa penduduk setempat ke pantai ini, sehingga Pantai Babakan Tuguragung masih sangat sepi. Jika ke pantai ini juga harus membawa bekal sendiri terutama minuman. Akses yang berat tentunya akan lebih cepat menguras energi dan tentunya lebih cepat membuat rasa haus.

Pantai ini masih sangat sepi
Ada baiknya jika ke Pantai Babakan Tuguragung dilakukan saat pagi ataupun siang hari. Kalaupun berencana kesana sore hari untuk menikmati sunset, jangan lupa untuk membawa senter karena pulangnya pasti sudah gelap, apalagi harus melewati jalan setapak yang menembus hutan.

Menikmati sunset di Pantai Babakan Tuguragung
Pantai Babakan Tuguragung memang bukanlah pantai wisata. Tetapi keindahannya layak untuk ditebus dengan usaha yang lumayan berat. Hanya bagi mereka yang berjiwa petualang saja yang disarankan ke pantai ini. Dan bagi yang berminat ke pantai ini, jangan lupa untuk tidak menghabiskan energi di pantai. Sisakan energi untuk perjalanan pulang yang tentunya jauh lebih melelahkan lagi karena harus mendaki bukit. Dan pesan terakhir: "Buanglah sampah pada tempatnya". Karena pantai ini sangat alami sehingga tidak ada tempat sampah, maka bawa pulang sampah anda. Selamat bertualang, ayo berwisata ke Pacitan saja. (@rif)

SHARE THIS

Author:

0 komentar: