Rabu, 29 April 2015

Tanamkan Cinta Budaya Jawa, Dindik Pacitan Gelar Lomba Karawitan Anak

Gempuran budaya modern ternyata tidak serta merta menghapus budaya Jawa, karena selalu ada generasi-generasi muda yang meneruskan tradisi budaya Jawa ini. Apalagi Pemerintah Dearah juga berkomitmen mendukung dan memfasilitasi upaya pelestariannya.

Peserta Lomba Karawitan SD saat berunjuk kebolehan di Pendapa Kabupaten Pacitan (Foto: Humas Pemkab Pacitan)
Seperti yang dilakukan Dinas Pendidikan Kabupaten Pacitan, Rabu (29/04/2015), yang menggelar lomba karawitan untuk siswa SD dan Lomba Panembrama untuk guru-gurunya. Lomba tingkat kabupaten ini diikuti 12 peserta perwakilan dari seluruh kecamatan se-Kabupaten Pacitan.

Dua Belas kelompok karawitan yang terdiri dari 20 hingga 25 anak ini saling beradu kreatifitas di Pandapa Kabupaten Pacitan. Gerak lincah dari tangan-tangan mungil yang cekatan menabuh perangkat gamelan nampak selaras dengan gerak para penari. Sontak kepiawian anak-anak dalam memainkan gamelan Jawa ini mengundang decak kagum dari penonton yang tumpah ruah menyaksikan perlombaan tersebut.

Menurut Kepala Bidang TK/SD Dinas Pendidikan Kabupaten Pacitan, Sukatmin, kegiatan ini merupakan ajang kreatifitas bagi anak-anak dan guru. Melalui seni budaya diharapkan tertanam perilaku dan sikap yang berkharakter.

"Ajang ini merupakan agenda tahunan dan peserta terbaik memiliki kesempatan mewakili Pacitan dalam even yang sama ke tingkat lebih tinggi." Ujar Sukatmin.

Wakil Bupati Pacitan, Soedjono, saat membuka lomba tersebut mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan ini. Mantan Ketua DPRD Pacitan periode 2004-2009 ini berharap generasi muda lebih mengenal dan mencintai warisan budaya Jawa yakni karawitan.

Untuk lomba karawitan, penilaian dilakukan terhadap harmonisasi gending. Selain itu juga didasarkan pada kemampuan peraga disertai latar gerak dan medium bantu. Dan yang tidak kalah penting adalah kreatifitas penyajian dan tingkat kesulitannya. Kejuaraan akan diambil juara umum serta 5 terbaik meliputi penyaji terbaik, pengendang terbaik dan vokal terbaik. (@rif/Riz).

SHARE THIS

Author:

0 komentar: